Thu. Aug 11th, 2022
Pilih Pasta Gigi Non-Herbal atau Pasta Gigi Herbal?

Menjaga kesehatan mulut sangatlah penting. Cara melakukannya sangat sederhana, yaitu menyikat gigi dengan pasta gigi. Namun, mungkin banyak orang yang belum mengetahui fungsi pasta gigi yang sebenarnya padahal sekarang ini ada banyak pilihan pasta gigi hingga pasta gigi herbal sekalipun.

Pasta gigi berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut. Pertama, menyikat gigi dengan pasta gigi bisa menghilangkan plak dari mulut. Plak gigi adalah lapisan bakteri yang menempel dan tumbuh di permukaan gigi dan akhirnya menyebabkan kerusakan gigi.

Selanjutnya, pasta gigi mengandung fluoride untuk memperkuat gigi. Pasta gigi juga dapat membersihkan permukaan gigi dari kotoran dan noda. Terakhir, pasta gigi juga membuat mulut Anda lebih wangi dan segar. Mengingat pentingnya peran pasta gigi, Anda tidak perlu ragu untuk memilih pasta gigi.

Kandungan Bahan Aktif Pada Pasta Gigi

Pasta gigi terdiri dari banyak bahan aktif yang berbeda, masing-masing dengan perannya sendiri. Biasanya pasta gigi yang baik terdiri dari bahan abrasif yang dapat menghilangkan kotoran dan plak pada gigi. Baking soda dan/atau hidrogen peroksida biasanya digunakan sebagai bahan pembersih. Penggunaan bahan aktif tersebut membuat gigi lebih bersih dan segar.

Dalam kadar yang tepat, hidrogen peroksida juga berperan dalam memutihkan gigi. Fluoride juga merupakan bahan aktif dalam pasta gigi yang berfungsi mencegah kerusakan gigi, mencegah gigi berlubang, dan membunuh bakteri penyebab plak dengan sangat efektif. Namun fluoride berlebih juga tidak aman bagi tubuh.

Agar aman, kandungan fluoride maksimum adalah 550 ppm untuk pasta gigi anak-anak dan 1000 ppm untuk pasta gigi dewasa. Bahkan umumnya pasta gigi herbal tidak mengandung fluoride bagi mereka yang ingin menghindari fluoride namun tetap dapat menyehatkan gigi dengan bahan-bahan herbal lainnya.

Pasta Gigi yang Sesuai Kebutuhan

Gigi setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, jika Anda memiliki gigi sensitif, gunakan pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif. Karena pasta gigi untuk gigi sensitif umumnya diperkaya dengan bahan aktif seperti hydroxypatite, potassium citrate, dan mineral yang dapat meredakan nyeri gigi yang sensitif.

Tidak lupa juga Anda harus memeriksa kembali apakah pasta gigi Anda telah bersertifikat. Pilih pasta gigi yang telah lolos uji dari berbagai organisasi misalnya Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Jika iya, berarti pasta gigi Anda aman digunakan. Jadi baik herbal maupun non-herbal tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda sedang mencari pasta gigi herbal untuk gigi sensitif dan bebas fluoride, Sensatia Botanicals Herbal Blend Natural Toothpaste mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. pasta gigi ini memiliki kandungan herbal dan kandungan mineral dengan rasa min yang selain menjaga kesehatan gigi akan membuat mulut lebih segar alami.

By admin