Thu. Jan 20th, 2022
Pentingnya dan Manfaat Susu Pertumbuhan Anak Usia 1-2 Tahun

Tumbuh kembang anak harus selalu diperhatikan apalagi dalam usia pertumbuhan, 1-2 tahun agar tumbuh kembangnya maksimal.  Selain makanan pokok, memberikan susu pertumbuhan untuk si kecil bisa mendukung pertumbuhan anak. Tahukah Anda pentingnya dan manfaat susu pertumbuhan bagi anak? Simak ulasannya berikut.

1. Sumber Protein

Susu pertumbuhan biasanya mengandung protein kasein. Protein ini diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai antibakteri. Kasein juga dapat melawan radikal bebas sehingga membuat si kecil terhindar dari penyakit berbahaya. Protein juga diketahui dapat meregenerasi jaringan yang rusak.

2. Sumber Kalsium dan Vitamin D

Susu pertumbuhan kaya akan kalsium dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Ketika anak di usia pertumbuhan mengonsumsi makanan yang banyak kalsium dan vitamin D akan memberikan dampak yang bagus untuk jaringan dan pertumbuhan tulang dan gigi agar optimal. Tentunya anak tumbuh tinggi adalah dambaan setiap orang tua.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ternyata memberikan susu kepada anak sebelum tidur dapat membuat anak tidur lebih nyenyak. Kandungan triptofan dalam susu dapat merangsang terbentuknya hormon melatonin sehingga tidur dapat lebih nyenyak. Apalagi jika disajikan secara hangat akan membuat anak menjadi rileks dan tidak rewel menjelang tidur.

4. Sumber Karbohidrat

Selain protein, susu juga mengandung karbohidrat sehingga bisa menjadi sumber tenaga bagi tubuh si kecil. Kandungan laktosa sebagai sumber karbohidrat dalam susu relatif kecil sehingga tidak membuat anak obesitas.  Memberikan susu juga bisa mencegah anak rewel karena lapar.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Kandungan laktosa dalam susu juga bisa memperlancarkan saluran pencernaan si kecil. Jika anak tidak mengalami gangguan pencernaan, maka asupan gizi dari makanan akan lebih terserap optimal jadi tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Susu juga termasuk makanan yang mudah diserap oleh tubuh bayi sehingga nutrisinya bisa terserap optimal.

6. Sumber Omega 3

Susu pertumbuhan ternyata juga mengandung DHA, seperti omega 3 dan 6 dimana prebiotik ini terbukti efisien dalam meningkatkan kecerdasan otak. Otak anak usia 1-2 tahun harus selalu dirangsang agar optimal dan tidak mengalami keterbelakangan intelijen.

7. Menetralisir Racun

Susu ternyata memiliki zat aktif yang bisa menetralisir racun. Masih balita terkadang sensitif terhadap makanan-makan tertentu, maka dari itu pemberian susu dapat menetralisir racun atau senyawa berbahaya yang tidak sengaja tertelan oleh si kecil.

Itu dia beberapa hal seputar pentingnya dan manfaat susu pertumbuhan bagi anak usia 1-2 tahun. Anda harus memilih susu sesuai usia anak karena susu pertumbuhan biasanya dikhususkan untuk usia-usia tertentu.  Pastikan bahwa Anda memberikan anak Anda susu agar tumbuh kembangnya bisa maksimal dan sajikan susu sesuai dengan aturan takaran sajinya.

By admin