Tue. Nov 23rd, 2021
Pengertian Puasa Ayyamul Bidh, Cek Disini Sekarang Juga

Dari sekian banyaknya jenis puasa sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, terdapat salah satu dimana mungkin masih terdengar asing buat sebagian besar orang. Yakni jenis puasa Ayyamul Bidh dimana biasanya dilakukan pada pertengahan hijriah dan dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu saja dalam Islam.

Bagi Anda yang sering menjalankan puasa sunnah, maka jenis satu ini wajib buat dicoba sesekali. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ternyata didalamnya mempunyai keutamaan apabila dijalankan dengan baik. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembahasan satu ini maka wajib buat menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Ayyamul Bidh merupakan puasa yang akan dilakukan pada pertengahan hijriah yakni antara tanggal 13, 14, 15 dalam bulan-bulan Islam. Puasanya sendiri disunahkan serta nilainya terhitung layaknya puasa tahunan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena amal shalih dalam Islam dapat diganjar sepuluh kali lipat. Bahkan barang siapa menjalankannya selama 3 hari per bulannya, maka dapat terhitung seperti berpuasa dalam setahun penuh.

Bagaimana Asal Usulnya

Perlu diketahui apabila jenis puasa inipun disebut dengan puasa hari-hari putih juga karena juga bertepatan dengan bulan yang sedang terang-terangnya. Berdasarkan dengan kitab Umdatul Qari Syarah Shahihul Bukhari memberitahukan bahwa Ayyamul Bidh asal usulnya lahir dari kisah Nabi Adam turun ke bumi.

Pada saat nabi Adam turun ke bumi, tubuhnya sendiri terbakar oleh panasnya sinar matahari sehingga membuat tubuhnya menjadi gosong. Inilah yang membuat Allah lantas memberikan wahyu supaya Ia berpuasa selama tiga hari terlebih dahulu.

Ketika menjalani puasanya di hari pertama, sepertiga dari tubuhnya sudah menjadi putih. Kemudian di hari kedua, setengah dari tubuhnya juga bersih sekaligus putih. Hingga pada akhirnya menginjak hari ketiga, seluruh tubuhnya ternyata menjadi putih.

Bacaan dan Manfaat Ayyumul Bidh

Walaupun mempunyai sifat sunnah, tetapi ternyata pahala yang ada didalamnya tidak kalah besar loh. Terlebih lagi, Nabi Muhammad juga membiasakan diri untuk menjalani jenis puasa satu ini. Bahkan Beliau juga memberikan nasihat kepada sahabatnya agar menjalankan.

Adapun bacaan dari niat puasa satu ini yakni Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala

Dimana mempunyai arti saya sudah niat untuk berpuasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah SWT.

Dengan menjalankan jenis puasa satu inipun ternyata akan memberikan segudang manfaat untuk Anda loh. Salah satunya yang paling terlihat adalah dapat meningkatkan adanya sistem imun sehingga tubuh tidak rentan untuk terkena penyakit.

Tak sampai disitu saja, menjalankannya sendiri ternyata juga dapat membuat saluran pencernaan semakin ringan. Terlebih lagi selama puasa, Anda akan menahan makan maupun minum dalam jangka waktu lama. Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Sudah tahu bukan pengertian sekaligus asal usul dari puasa Ayyamul Bidh ini? untuk memperoleh informasi mengenai parenting Islami lebih jauh lagi, maka bisa segera bergabung dengan orami.co.id sekarang juga.

By admin