Thu. Aug 11th, 2022
Mengenal Anotomi Jantung Manusia dan Penyakitnya

Anatomi Jantung merupakan organ penting yang membawa darah ke tubuh. Jika memiliki masalah jantung dan pembuluh darah, pasti akan menimbulkan berbagai Anatomi jantung dan menimbulkan gejala. Parahnya, jika jantung kehilangan fungsinya, bisa terjadi kematian.

Anatomi Jantung adalah sekumpulan otot yang mekanisme kerjanya terdiri dari banyak bagian yang bekerja sama. Organ ini dibagi menjadi beberapa ruang yang menerima dan mendistribusikan darah untuk mengatur kadar oksigen.

Ruang-ruang ini disertai dengan arteri dan vena yang memiliki fungsinya masing-masing. Jika semuanya berjalan dengan baik, jantung dapat memompa darah dengan lebih mudah.

Berikut Anotomi Jantung Manusia dan Penyakitnya

Jantungnya sedikit lebih besar dari kepalan tangan Anda, dengan berat sekitar 200 hingga 425 gram. Anatomi Jantung Anda berada di antara paru-paru, di tengah dada, di belakang, dan sedikit di sebelah kiri tulang dada.  Jadi apa anatomi jantung dan bagaimana organ ini bekerja di tubuh Anda? Penyakit apa saja yang bisa terjadi? Mari kita cari tahu selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

  • Perikardium

Jantung terletak di rongga berisi cairan yang dikenal sebagai rongga perikardial. Dinding dan lapisan dalam rongga perikardial disebut perikardium. Pada gambar anatomi jantung, perikardium muncul di tengah.

Perikardium adalah sejenis membran serum yang menghasilkan cairan serum untuk melumasi jantung saat berdetak dan mencegah gesekan yang menyakitkan antara jantung dan organ di sekitarnya.

Jika Anda tidak merawat jantung Anda, perikardium dapat meradang, menyebabkan perikarditis. Sedangkan jika endokardium dan miokardium meradang, Anda mungkin mengalami inflamasi endokarditis atau miokarditis.

  • Ventrikel

Seperti halnya atrium, bilik atau ventrikel adalah bagian bawah jantung dengan sisi kanan dan kiri. Ventrikel kanan berfungsi untuk memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru. Sementara itu, ventrikel kiri berfungsi untuk memompa darah bersih dari jantung ke bagian tubuh lainnya.

Dinding ventrikel lebih tebal dan lebih berotot daripada atrium karena mereka bekerja lebih keras untuk memompa darah dari jantung ke paru-paru dan ke bagian tubuh lainnya untuk menjaga kesehatan anda. Pada gambaran anatomi jantung, terlihat bahwa ventrikel berada di sisi kanan dan kiri jantung bagian bawah.

  • Otot jantung

Otot jantung merupakan gabungan dari otot lurik dan otot polos yang berbentuk silindris serta memiliki garis terang dan garis gelap. Pengamatan yang cermat menggunakan mikroskop akan menunjukkan bahwa otot memiliki beberapa inti sel di tengahnya.

Otot jantung bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung merupakan otot yang paling kuat karena dapat terus menerus setiap saat tanpa istirahat untuk memompa darah.

Jika otot ini berhenti bekerja, maka sistem peredaran darah akan berhenti sehingga menyebabkan kematian. Itulah Beberapa anatomi jantung uyang paling berguna bagi tubuh serta terdapat beberapa penyakit yang mungkin ada dalam jantung jika kita tidak menjaga jantung dengan baik.

By admin