Sat. Sep 18th, 2021
Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tidak Bau

Daging merupakan sumber nutrisi yang paling disukai banyak kalangan. Saat membeli, banyak yang langsung memasak daging sesuai keinginan.

Namun ada juga yang menyimpan daging tersebut di kulkas. Tujuannya untuk dijadikan stok di kulkas. Untuk menyimpan daging di kulkas juga tidak boleh sembarangan.

Karena jika asal, bisa saja daging malah bau dan busuk. Lantas bagaimana cara menyimpan daging di kulkas yang benar agar tidak bau? Kamu yang penasaran bisa langsung cek artikel ini hingga

1. Tidak usah cuci daging

Tidak sedikit yang memilih mencuci daging sebelum mereka menyimpan daging tersebut di kulkas. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk daging.

Pasalnya membuat kadar air di dalam daging menjadi meningkat drastis. Tak hanya itu, berpotensi juga menyebabkan daging terpapar mikroba berbahaya.

Jadi, ada baiknya jangan mencuci daging sebelum disimpan di kulkas. Langsung saja masukkan kulkas tanpa dicuci terlebih dahulu.

2. Potong daging sesuai keinginan

Sebelum menyimpan daging di kulkas, sebaiknya potong daging jadi beberapa bagian terlebih dahulu. Tidak ada aturan khusus untuk pemotongannya.

Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja. Pisahkan daging yang telah dipotong ke wadah yang berbeda agar memudahkan untuk memasak daging.

3. Pisahkan jeroan dan daging

Sebelum memasukkan daging, ada baiknya memisahkan daging dan juga jeroan terlebih dahulu. Ada baiknya menyimpan daging di kulkas ataupun freezer yang berbeda.

Hal tersebut perlu dilakukan agar menghindari kontaminasi silang yang terjadi pada daging. Umumnya, bagian jeroan lebih cepat busuk dibanding daging.

4. Wadah untuk menyimpan daging harus benar-benar bersih

Sebelum daging dimasukkan ke kulkas, pastikan memilih wadah yang benar-benar bersih. Pastikan pula daging dalam kondisi yang baik.

Tujuannya agar bisa ditutup dengan rapat. Gunakan wadah yang paling bagus. Dengan wadah yang bagus, bisa dipastikan kebersihan daging akan terjaga dengan baik.

Wadah yang tepat juga mencegah cairan daging mentah tembus dan menempel di makanan yang lain di kulkas.

5. Lihat kondisi kulkas dan freezer

Tak hanya wadah saja, kamu harus memperhatikan kulkas atau freezer yang ingin digunakan untuk menyimpan daging tersebut. Pastikan kulkas yang digunakan dalam kondisi bersih dan masih berfungsi dengan baik.

Jangan lupa untuk memperhatikan bagian rak ataupun sudut kulkas juga. Jika ada bagian kulkas yang kotor, bakteri alan mengkontaminasi daging.

Alhasil, daging yang disimpan di kulkas cepat busuk dan mudah berbau. Meskipun sederhana tapi kulkas dan freezer sangat penting untuk diperhatikan.

Cara menyimpan daging di kulkas lumayan ribet. Namun penyimpanan daging dengan benar di kulkas juga mempengaruhi kualitas daging yang ingin dikonsumsi.

Jangan sampai daging yang ingin dikonsumsi malah merugikan tubuhmu. Perhatikan kualitas daging agar nutrisi yang tersimpan di daging tetap maksimal.

By admin