Fri. Oct 22nd, 2021
Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Untuk Penuhi Nutrisinya

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi sikap anak terhadap makanan, antara lain sikap dan perilaku lingkungan sekitar mengenai makanan, gizi dan kondisi tubuh, trauma, stres dan bullying. Nafsu makan dapat bervariasi dengan usia dan ini normal, beberapa makan banyak atauada yang hanya ingin konsumsi makanan tertentu. Sebenarnya ada cara mengatasi anak yang susah makan sehingga nutrisi yang dipenuhi tercukupi.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Banyak orang tua mungkin merasa frustrasi ketika seorang anak menolak untuk makan apa pun. Apabila anak Anda mengalami hal ini, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut di bawah ini.

1. Jadilah Peran yang Baik

Untuk mengatasi anak yang sulit makan, penting untuk memberikan contoh yang baik kepada anak terutama masalah makanan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak cenderung meniru kebiasaan makan orang tua yang selalu mereka lihat setiap hari. Jika Anda makan banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak, anak-anak Anda juga ingin mencobanya.

2. Batasi Gangguan Waktu Makan

Penggunaan tablet, smartphone, dan menonton TV sambil makan dapat menyebabkan anak kehilangan minat makan dan hanya fokus pada gadget. Meskipun ini mungkin tampak seperti cara untuk membuat mereka tetap tenang dan sibuk, sebaiknya batasi penggunaan perangkat elektronik saat makan. Jadi ketika waktu makan, maka buat si kecil untuk tetap fokus makan. Orang tua juga sebaiknya meletakkan smartphone saat makan agar tidak ditiru anak.

3. Berikan Porsi Makanan yang Tepat

Cara mengatasi anak yang susah makan berikutnya adalah dengan memberikan porsi yang cukup. Mungkin masalahnya bukan karena si anak menolak untuk makan, tetapi karena dia menolak untuk memakan semua makanan yang ada di piringnya karena terlalu banyak dan dipaksa menghabiskannya padahal ia sudah kenyang.

Anak-anak tidak membutuhkan makanan sebanyak orang dewasa sehingga sebaiknya sesuaikan dengan porsi makan mereka sesuai umurnya. Maka dari itu sebaiknya tingkatkan porsi secara perlahan sesuai dengan usianya dan jangan memaksanya.

4. Kenalkan Makanan Baru Secara Perlahan

Anak-anak mungkin akan cepat bosan dengan makanan yang ia konsumsi sehingga menjadi tidak selera makan. Yang terbaik adalah dengan mencoba berbagai menu makanan dan temukan apa menu favorit sehat si kecil. Anda bisa melakukan kreasi sesuai selera atau coba si kecil untuk memberikan ide makanan yang sedang ingin dia makan.

Nah, meskipun si kecil susah makan, pastikan agar nutrisi anak tetap terpenuhi dengan memberikannya makanan yang sehat. Anda bisa mencoba cara mengatasi anak yang susah makan di atas. Untuk memastikan nutrisi harian anak terpenuhi, bisa dengan memberikan susu formula seperti Nutren Junior yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

By admin